Posted by : Sanguine bercerita tentang hidup Kamis, 05 Mei 2016

“it’s not about the destination, but it’s about the jurney to get there”
-          Koran Jawa Pos

Gara-gara saya baca koran yang lagi cerita couple traveler, saya jadi bawa perasaan, jadi pengen travel. But, still i ask money to my parents, saya emang gak mau pergi-pergi yang cuman main doang. Jadi biasanya kalo pas ada acara diluar kota, bisalah disambi main.
Oke singkat tulisan, saya pengen cerita pengalaman saya, judulnya “Lost in Kediri”, idih gak banget ya?? Cerita ini berawal dari bulan Januari 2014, saya merencanakan magang belajar di Dinas Peternakan Kab. Kediri. Kebetulan anggota kelompok magang semua pada jadi panitia pengabdian masyarakat, tinggal saya doang yang gak ikut (soalnya udah kapok jadi panitia tahun lalu, eheh). Karena itu saya sendiri yang harus nganter proposal magang ke dispet kab. Kediri. Udah sering ke kediri? Pernah sih tapi sama keluarga dan kayaknya cuman setiap 6 tahun sekali. Karena saya buta kediri, dan teknologi GPS  masih asing ditelinga, saya cuman berbekal arahan temen yang kebetulan asli kediri.
Dari terminal Landungsari, Malang, saya naik bus Puspa Indah jurusan Malang Kediri. Berbekal sms dari temen, saya nekat berangkat. Berangkat pukul 09.00 WIB dan sampai di Kediri pukul 12.00 WIB. Kantor Dispet Kab. Kediri berada di Jl. Pamenang, sehingga dari arah Malang saya turun di Lampu Merah sebelum Pendopo Kab. Kediri (Lupa namanya apa). Turun dari Bis saya tidak langsung menuju tempat tujuan, sempat berjalan – jalan di daerah pendopo. Dari arah pendopo menuju jalan pamenang bisa ditempuh dengan jalan kaki, kalau saya prefer naik becak, pertama karena capek, yang kedua yah itung itung sekalian jadiin tukang becak tour guide. Karena saya gak tau jalan pamenang ada dimana, dengan prinsip malu bertanya sesat dijalan, berkat bantuan tukang becak juga, akhirnya saya sampai di kantor. Dan apakah kalian tau sampai dikantor, pegawai dinas hanya meminta saya menaruh proposal, dan meminta kembali 3 hari lagi. So, bayangin deh, setelah 3 jam perjalanan, saya cuman 5 menit ditempat tujuan. Rasanyaaaa!!!! Baca istighfar yang banyak aja deh.
Dari kantor saya diantar ke halte sama bapak tukang becak. Bapaknya ini baik, namanya pak Thoyib, 2 tahun lalu usianya masih sekitar 60 tahun an. Sembari menunggu bis ke arah jombang, saya menghabiskan waktu di halte sambil mengobrol dengan pak thoyib. Pak Thoyib ini banyak cerita, bapak ini duda dengan 3 anak (agak lupa sih) dan anaknya sudah berkeluarga. Meskipun anaknya sudah berkeluarga, bapak ini masih tetap semangat mengais rejeki, tidak mau menggantungkan ke anaknya. Sebenarnya bukan karena anaknya gak ngurus sih, tapi bapak ini ingin mandiri. Selain cerita keluarga, bapak ini juga nanya nanya banyak hal tentang saya, dan saya pun nanya nanya wisata yang ada dikediri. Pak Thoyib ini lebih nyaranin saya untuk main ke simpang lima nggumul, selain satu jalan, disekitar situ juga ada water park, kali saya mau mandi sekalian. Karena bis jombang gak kunjung lewat padahal udah nungguin sekitar 1 jam, saya memutuskan untuk menyetujui saran pak thoyib buat main ke nggumul dulu. Dari halte tempat saya berhenti tadi ( sebelum pendopo) kita bisa naik angkot. Bapak thoyib ini baik, beliau yang mencarikan saya angkot, waktu saya naik pun bapak in tak lupa menitipkan saya ke sopir angkot. “Titip temanku ya mas, nanti turun di simpang lima nggumul” kata pak thoyib ke sopir angkot. Di angkot saya menjadi pusat perhatian, maklum jarang ada mbak mbak masih muda (cantik :D) main main sendirian. Angkot yang sebagian ditumpangi ibu ibu ini berjalan agak lambat, tak lupa ibu ibu ini menghujani saya banyak pertanyaan, “ mbak ngapain main ke kediri sendiri? Masih sekolah apa gimana?” begitulah sederet pertanyaan. Untung gak ada yang nanya “ mbak nggak kabur dari rumah kan?” :D

Setelah sekitar 30 menitan, yeeyyy saya sampai di simpang lima nggumul. Ya sebenarnya sih gitu doang, cuman benteng gitu aja tapi bagus buat foto-foto dan gak usah jauh jauh ke paris. Sialnya, karena main sendiri ya gak ada yang fotoin, cuman selfie selfie gak jelas gitu. Ya gak papa lah, daripada cuman nganter proposal terus balik pulang. Setelah sekitar 30 menit berjalan-jalan, saya memutuskan balik, takut kesorean.

Rute balik, nampaknya lebih ruwet daripada pas berangkat. Dari simpang lima nggumul saya berjalan menuju ke sisi timur monumen, menyebrang ke kiri jalan biar mudah naik bisnya. Saya sebenarnya takut kalau jalan yang saya ambil salah, tapi menurut papan arah sih bener. Karena saya meu ke bojonegoro, tugas saya adalah mencari bis jurusan kediri surabaya, biar nanti bisa turun di terminal jombang. Tetapi saya sudah menunggu hampir 2 jam dan gak ada bis yang lewat. Yang namanya pendatang tanpa pengalaman, selama menunggu banyak hal yang saya takutkan “jangan jangan saya salah arah” gumam saya dalam hati. Sesekali saya bertanya ke orang untuk meyakinkan kalo saya tidak salah arah. Saya pastikan kembali dengan telfon temen saya yang asli kediri, telfon ibuk saya yang juga orang kediri coret. Yah karena saya kelamaan menunggu, akhirnya saya putuskan naik bison (angkutan daerah, semacam elf) jurusan kediri pare. Sepertinya hari itu saya sedang sial, karena bison yang saya tumpangi gak langsung berhenti terminal, dan saya diturunkan di pasar pare yang saya cuman pernah lewat. Ditengah hiruk pikuk pasar yang masih ramai, meskipun sudah pukul 16.00 WIB, saya memberanikan diri berjalan jalan dan bertanya angkutan apa yang bisa membawa saya ke jombang. Dan alhamdulillah tidak lama, bison jurusan jombang lewat didepan saya. karena kelelahan, saya tertidur pulan disepanjang perjalanan pare-jombang.

Hampir sampai di terminal jombang, saya kepikiran, uang didompet saya tinggal berapa rupiah ya. Ada sekitar 10 ribu rupiah didompet, pengeluaran yang saya perkirakan ternyata melebihi budget. “cukup gak ya” itu pertanyaan dasar. Detik detik menjelang sampai, mata saya tertuju disetiap sudut jalan yang dilewati bison, ya saya mencari atm, saya takut kehabisan uang. “horeee ada atm” sorak saya dalam hati. Jarak atm dari bis tujuan berikutnya sekitar 500 meter. Karena bison saya berhenti tepat dibelakang bis tujuan berikutnya, saya lari terbirit menuju atm, takut kalo ketinggalan bis, maklum hari sudah mulai gelap.
Akhirnya saya bisa pulang dengan tenang, gak kebayang pengalaman seharian. Yah untung saya masih bisa selamat setelah lost in the kediri.

Ini salah satu sisi dari monumen simpang lima nggumul, maklum udah 2 tahun lalu jadi fotonya rada alay, diedit diedit gitu.


PS:
1.      Kalo pergi kemana mana pastikan kamu sudah punya jadwal kegiatan selama ditempat tujuan
2.      Pastikan ongkos kendaraan, tanya kepada yang biasa, jangan sampai kamu kehabisan uang

3.      Jangan lupa bawa atam, meskipun gak ada isinya, kan kalo ada apa2 bisa minta tolong saudara/ temen buat transfer :D

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Powered By Blogger

Pengikut

My Home

Jln. Bengawan Solo no.93 RT.02 RW.01 Kanor Bojonegoro

About Me

Min Rohmatillah, biasa dipanggil Iin, Lahir di Bojonegoro 14 Juni tahun 1993. TK ABA, MI ALFALAH, SMP N 1 SUMBERREJO, SMA N 1 BOJONEGORO, Dokter hewan yang menyukai design grafis. Punya Motto Good No God = 0, dan punya mimpi jadi dokter hewan ditengah hutan pulau Borneo (doain bisa ya..). u can follow my instagram @min_rahmatillah to watch my galery

Copyright © Min Rahmatillah -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan