Posted by : Sanguine bercerita tentang hidup Selasa, 27 Agustus 2013

Lama banget gak posting posting disini, kalo kata Bang radit sih banyak serangga yang gelantungan, sambil beres bers nih akun saya mau berbagi cerita pengalaman saya saat magang di Maharani Zoo & Goa Lamongan beberapa waktu yang lalu.
             Selama kurang lebih 2 minggu saya menimba ilmu di utara kota soto, bersama keeper dan dokter hewan MAZOLA saya bersama teman teman belajar banyak hal, tak terkecuali belajar bersihin kandang. saya bersama 8 teman lainya disebar dalam 9 regio yang ada di MAZOLA. sehingga setiap regio hanya berisi satu anak saja, praktis saya dan teman teman kerja sendiri dengan teman baru dari universitas lain dan keeper masing masing regio, diperlukan adaptasi yang cepat dengan suasana disana, kerja cepat dan memahami kondisi dimana kita mesti menggali ilmu sebanyak banyaknya. 
              Bekerja dibalik kandang itu susah susah gampang, mesti cekatan sehingga ketika pengunjung datang semua dalam kondisi siap, kita juga mesti punya pengetahuan lebih untuk memudahkan pengunjung dalam memahami dan mengetahui jenis satwa yang ada. setiap regio punya keeksotikan masing masing, ada kategori kategori untuk menggambarkan keadaan disana misalkan kategori regio paling menyeramkan dan membosankan yang jatuh pada regio Lion & tiger, yah begitulah. setiap tempat punya kenangan sendiri. cuman kalo temen temen berkesempatan magang di MAZOLA tolong jaga hati dan pikiran karena banyak pengalaman baru yang nggak bakalan dapat di tempat lain. berkesempatan masuk WBL gratis mungkin jarang jarang ya apalagi ketemu sama GM MAZOLA yang super kocak. Efek samping dari magang di sebuah Zoo biasanya adalah sering ngomong sendiri sama binatang, terkadang bisa dinggap "sinting" sama orang yang nggak pernah tau. cuman nih ya buat temen temen yang susah interaksi dengan orang alias ansos, MAZOLA bakal bikin kita jadi anak yang peka sama keadaan, selama disana saya benar benar menemukan keluarga baru, mulai bos sampek tukang sapu semua adalah keluarga, ini yang bikin betah disana.
          Ada beberapa unek unek yang membuat saya terinspirasi untuk mengangkat isu bersama selama di MAZOLA.  "Penjara Konservasi" mungkin inilah kata yang lebih tepat untuk menggambarkan kebanyakan Zoo, kita sebagai pengunjung mungkin tidak tahu menahu bagaiman binatang tersebut diperlakukan, namun magang kali ini sedikit memberikan saya ilmu baru. tak selamanya Animal welfare yang selama ini kita gembor gemborkan berjalan sesuai dengan yang diinginkan, masih banyak tindak kejahatan di lapangan meskipun mungkin tujuanya untuk keselamatan bersama. mungkin sebagai calon dokter hewan kita perlu belajar tegas dan berani mengatakan yang hitam tetap hitam dan putih tetaplah putih, sehingga Kesejahteraan Hewan untuk kesejahteraan Manusia bisa terwujud. bukan sekedar untuk komersil tapi juga memperhatikan aspek yang lain sehingga apa yang menjadi cita cita bersama terwujud. 


Itu foto saya bareng sony, Orangutan cerdas yang biasa dipakai atraksi dan foto foto di MAZOLA



                     ini duo Hippo, merupakan satwa di MAZOLA yang paling big size


Kalo ini burung buat atraksi, yang merah itu burung macau, kalo yang putih tau kan itu burung Kakak tua

samping saya itu namanya mbak Ima, keeper baby zoo, lebih tepatnya ibuk nya si Puma, ini salah satu keepr yang paling deket sama saya


kalo yang ini namanya Mbak Sri keeper Primata, Nggak terlalu deket sih, tapi diantara yang lain mungkin saya agak lebih dekat, hehhe


Ini adalah pasangan abadi saya, setelah saya gonta ganti pasangan dengan kakak kakak PPDH UA. oiya namanya Nina, dari FKH UA angkatan 2012


Bersama mas Farid, Mas Agus, mbak selfi, dan temen temen Magang


Tebak dimana ini?? kelihatan banget bukan di MAZOLA, hari terakhir sebelum kami pulang, nyempetin dulu main di WBL, gratisan ini sebagai reword dari Mr. Boy selaku GM MAZOLA


masih di WBL, nah kalo yang ini di Kitty House, disini kami belajar banyak tentang kucing dan satwa yang ada di WBL bersama dokter hewan yang dtempatkan disana


ini Foto kenang kenangan bersama Pak Boy


Nah kalo yang ini kenang kenangan bareng keeper Exotic dan Tengah 2



Kenang kenangan bareng Dokter Bhakti dan Dokter Ucha


Foto bareng keeper Lion & Tiger, yang gak pakai baju itu namanya Mas Yudi, keeper paling senior, kalo yang pojok kanan ( sampingnya si japar ) itu namanya mas FM ( Faizul Muttaqin)


Foto Bareng Keeper Regio selatan & Baby zoo, ini komplit, ada mbak ima, mas eko, pak hari, dan mas yanto yg pakek baju merah

Ini foto bareng keeper tengah 1

Bareng keeper Primata, minus wak Geng







{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. Assalamualaikum ww.
    Maaf mengganggu waktunya mba, maaf mba boleh saya bertanya perihal PKL di Maharani Zoo. Persyaratan apa saja yang perlu saya lengkapi untuk PKL disana.
    Mohon informasinya mba.
    Terimakasih banyak
    Wassalamualaikum ww

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr.wb, mohon maaaf baru balas karena baru baca. silahkan langsung mengirimkan proposal ke maharanizoo, kalau dulu waktu saya kesana tidak ada persyaratan khusus seperti nilai dll.

      Hapus

Powered By Blogger

Pengikut

My Home

Jln. Bengawan Solo no.93 RT.02 RW.01 Kanor Bojonegoro

About Me

Min Rohmatillah, biasa dipanggil Iin, Lahir di Bojonegoro 14 Juni tahun 1993. TK ABA, MI ALFALAH, SMP N 1 SUMBERREJO, SMA N 1 BOJONEGORO, Dokter hewan yang menyukai design grafis. Punya Motto Good No God = 0, dan punya mimpi jadi dokter hewan ditengah hutan pulau Borneo (doain bisa ya..). u can follow my instagram @min_rahmatillah to watch my galery

Copyright © Min Rahmatillah -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan