Posted by : Sanguine bercerita tentang hidup Kamis, 27 November 2014

Mahasiswa berasal dari kata maha dan siswa, yang berarti siswa yang di “maha” kan. Mahasiswa tidak semua orang bisa menyandang predikat tersebut. Beban berat sebenarnya bila seseorang dikatakan mahasiswa. Why?? Mahasiswa seperti yang dijelaskan diatas, berarti seseorang memiliki pemahaman jauh diatas yang lain dalam bidang keilmuan tertentu. Kalau kata senior-senior di kampus nih ya, sering banget dijelasin kalo mahasiswa punya tiga peran penting. Peran itu agen of change , social control, dan iron stock. Pertanyaan penting yang harus dijawab adalah apakah peran-peran tersebut telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat? dalam menjalankan perananya untuk siapa sebenarnya pelaku melaksanakanya? Niatan yang tulus atau karena jabatan semata?
Agak bosan sebenarnya ketika berbicara tentang politik kampus, walaupun sebenarnya saya tidak paham betul. Hampir semua BEM, himpunan, sampai komunitas-komunitas kecil dalam kampus memiliki project sosial. Projectnya pun bervariasi, ada yang menawarkan bimbingan belajar gratis hingga yang mengarah ke bimbingan soft skill. Sayangnya semua ini hanyalah project, project memiliki masa dan ketika masa itu usai, selesailah kegiatan mulia tersebut. Terkadang terbesit dalam pikiran saya, kesemuanya itu dilakukan untuk siapa?? Agar organisasi itu terlihat bagus dan dianggap sukses? Apakah yang berperan didalamnya mau melakukan kegiatan sosial diluar organisasi tersebut tanpa dibayar? Sayang sungguh sayang, sebagian besar dari kegiatan mulia tersebut berbau pencitraan untuk menyempurnakan ambisi sesaat.
Saya pernah terlibat dalam sebuah aksi sosial, indpenden, bukan dari himpunan, BEM, atau semacmnya. Saya juga bingung untuk apa saya melakukan. Untuk diri saya sendirikah? Tapi untuk apa, karena tidak dampaknya kepada saya. Okelah mungkin karena lebih tepatnya saya diajak, jadinya ngikut arus tanpa tujuan, tanpa ambisi.
Pada suatu hari hati saya tergugah melihat anak-anak kecil dikampung dimana saya tinggal di Malang. Saya coba dekati, dan saya tawarkan kepada mereka untuk belajar gratis. Awal-awalnya saya sangat bersemangat, saya berfikiran, ya inilah peran mahasiswa, akan tetapi setelah satu bulan berjalan, jujur rasa malas mulai menggerogoti. Kenapa? Tanpa dibayar, siapa coba yang mau capek capek ngajar. Akhirnya saya mulai jarang memberi pelajaran tambahan ke adik-adik kampung. Saya memilih rapat dikampus ketimbang “ngelesi”. Dari cerita saya diatas, orang-orang yang mampu memberikan manfaat tanpa mengharapkan imbalan apapun sungguh itu luar biasa. Apalagi diantara godaan duniawi yang begitu menggiurkan masih bisa bertahan pada niatan “menebar manfaat”, saya akui sungguh hebat dan benar-benar mulia. Sayangnya hanya sebagian kecil saja yang mampu bertahan, karena kebanyakan kegiatan-kegiatan mulia dibumbui ambisi untuk mencapai sesuatu.


Mahasiswa sebagai agen perubahan, social control, dan iron stock harus mampu mendobrak tembok ambisi yang begitu kuat. Harus diingat bahwa menebar manfaat disekeliling kita adalah salah satu kewajiban dari mahasiswa. Jangan hanya terfokus pada program kerja yang ada, tetapi juga luangkanlah sedikit waktu untuk sedikit berbagi manfaat kepada sesama tanpa harus menunggu project. Ambisi memang harus dipenuhi, tetapi menyelaraskan ambisi sehingga bisa menebar manfaat pada sesama itu jauh lebih penting. Tanggung jawab kita ke orang tua adalah belajar, sedang masyarakat menunggu kewajiban kita untuk menebar manfaat.

NB : Maaf Tulisan saya kadang gak nyambung sama judul :D


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Powered By Blogger

Pengikut

My Home

Jln. Bengawan Solo no.93 RT.02 RW.01 Kanor Bojonegoro

About Me

Min Rohmatillah, biasa dipanggil Iin, Lahir di Bojonegoro 14 Juni tahun 1993. TK ABA, MI ALFALAH, SMP N 1 SUMBERREJO, SMA N 1 BOJONEGORO, Dokter hewan yang menyukai design grafis. Punya Motto Good No God = 0, dan punya mimpi jadi dokter hewan ditengah hutan pulau Borneo (doain bisa ya..). u can follow my instagram @min_rahmatillah to watch my galery

Copyright © Min Rahmatillah -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan